AJI Manado Serukan Media Menyajikan Berita Objektif dan Berimbang

Ilustrasi.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN:

“Media diharapkan bisa menyajikan berita-berita yang menyejukkan dan tidak memanas-manasi. Jurnalis harus dan harus berpihak pada kebenaran”

MANADO, publikreport.com – Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, Yinthze Gunde meminta jurnalis yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) tetap mengacu pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam menjalankan tugasnya sebagai pewarta. Media juga diharapkannya menyajikan berita yang objektif dan berimbang.

Imbauan ini dikeluarkan AJI Manado menyusul pemberitan tentang konflik tempat ibadah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Media diharapkan bisa menyajikan berita-berita yang menyejukkan dan tidak memanas-manasi. Jurnalis harus dan harus berpihak pada kebenaran,” tegas Via, panggilan akrab Yinthze Gunde, Kamis 30 Januari 2020.

BACA JUGA: 27 Jurnalis Dinyatakan Kompeten

Media, menurut Via, punya peran penting membentuk opini di masyarakat. Pemberitaan yang kurang objektif atau bahkan keliru justru bisa menjadi pemicu perpecahan. Media diharapkan bijaksana dan mampu menahan diri. Tidak menyajikan berita yang bombastis berisiko.

“Kita prihatin dan mengecam aksi-aksi intoleran sepihak. Kita percaya pemerintah dan aparat mampu bertindak tegas,” ujarnya.

BACA JUGA: Komunitas Masyarakat Pers Deklarasikan Komite Keselamatan Jurnalis

Seyogyanya, Via menyerukan, media mengusung jurnalisme damai dalam pemberitaan. Untuk bisa mewujudkan jurnalisme damai, media dan jurnalis wajib menjalankan cara-cara kerja profesional dalam reportase.

Peristiwa konflik rumah ibadah di salah satu desa yang ada Minut, Via mengungkapkan, AJI Manado mengimbau jurnalis hendaknya mengambil narasumber lingkaran pertama; masyarakat setempat dari kedua pihak, pemerintah desa, dan aparat kepolisian.

“Harapan kita media mampu menjadi penyejuk, bukan sebaliknya menyulut perpecahan di masyarakat,” katanya. DORANG

BACA JUGA: AJI Gelar Pelatihan Cek Fakta di 20 Kota

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Ziarah dan Tabur Bunga Warnai HUT Sangihe

Read Next

Anak Muda di Kampung Bungalawang Dilatih Bela diri

Leave a Reply