Atasi Jerawat dan Keriput

Cuka dari apel ternyata bisa dijadikan sebagai bahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kulit. Cuka apel kaya akan asam asetat, sitrat, malat dan asam amino, dan berbagai vitamin, enzim, dan garam mineral.

Saat musim kemarau, kita sering kali mengalami berbagai masalah kulit. Bisa karena terbakar panas matahari akibat berjemur, berjerawat, bintik-bintik hitam hingga infeksi kulit lainnya. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa lho menggunakan cuka apel.

Berikut cara menggunakan cuka apel untuk kecantikan kulit dikutip dari Food NDTV:

1. Mencegah dan mengatasi jerawat

Zat antibakteri dan antijamur yang terkandung dalam cuka apel membantu untuk menjaga pori-pori kulit dari bakteri, minyak serta debu.

Cara Penggunaan:
Campurkan cuka apel dengan air bersih ke dalam satu mangkuk. Lalu rendam kapas dalam larutan dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci hingga bersih menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin setiap satu kali dalam sehari (dalam beberapa hari) agar mendapatkan hasil maksimal.

2. Menyembuhkan sunburn

Cuka apel dikenal dapat menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn). cuka apel dapat membantu meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Cara penggunaan:
Campurkan setengah cangkir cuka apel dengan 4 gelas air. Selanjutnya rendam kain dengan larutan tersebut, lalu oles dan kompres di bagian yang sakit sambil dipijat sebentar. Ulangi dalam beberapa hari hingga kondisi kulit membaik.

3. Menenangkan dan eksfoliasi kulit

Cuka apel dapat menenangkan kulit yang sensitif serta membuatnya menjadi lembut dan kenyal. Kandungan asam alfa hidroksil di dalamnya juga bisa mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit mati dan digantikan dengan sel kulit baru yang sehat.

Cara penggunaan:
Tuangkan cuka apel ke dalam bak air hangat, lalu Bunda bisa berendam di dalamnya selama 15-20 menit, dan biarkan manfaatnya meresap ke dalam kulit. Lakukan secara rutin untuk menjaga tingkat pH kulit.

4. Toner kulit

Cuka apel memiliki sifat astringen, yang membantu untuk menjaga dan meningkatkan aliran darah ke kulit dan mengecilkan pori-pori. Dan ini tentunya menjadi solusi yang tepat bagi kulit dengan tipe yang berminyak. Selain itu, fungsi lainnya dapat mengatur pH pada kulit.

Cara penggunaan:
Campurkan cuka apel dengan air bersih. Bunda juga bisa menambahkan beberapa minyak esensial pilihan ke dalamnya. Lalu, oleskan larutan tersebut pada kulit menggunakan kapas dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air dingin. Bunda bisa menggunakannya hingga dua kali dalam sehari, tergantung kebutuhan.

5. Menghilangkan bintik hitam dan keriput

Cuka apel mengandung asam alfa hidroksil, yang membantu menghilangkan kulit mati dan membuat kulit menjadi tampak lebih sehat dan bercahaya. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan serta meminimalkan kerutan pada wajah.

Cara Penggunaan:

Oleskan sedikit cuka apel pada kapas dan oleskan langsung pada bintik dan kerutan. Biarkan dulu selama 30 menit, kemudian cuci dengan air dingin. Lakukan secara rutin dua kali dalam sehari selama enam minggu, lalu lihat bagaimana perubahan dan perbedaan yang dihasilkannya.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Jerawat

HAIBUNDA.com

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Transformasi Dewi Sandra

Read Next

Quotes RA Kartini untuk Penyemangat Hidup

Leave a Reply