Anyaman Bambu Kinilow, Destinasi Wisata di Tomohon

Kios-kios kerajinan anyaman bambu di Kelurahan Kinilow Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. ( Foto: Prisilia Y Kilis/publikreport.com)

Kios-kios kerajinan anyaman bambu di Kelurahan Kinilow Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon. ( Foto: Prisilia Y Kilis/publikreport.com)

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Ketika kita berkendara dari arah Manado ke Tomohon atau sebaliknya kita akan melewati sebuah tempat yang penuh dengan kerajinan bambu (buluh). Tempat ini tak sulit ditemukan. Ada di pinggir ruas jalan protokol Tomohon-Manado, tepatnya di Kelurahan Kinilow Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Nah, gampang bukan. Hehehe…

BACA JUGA: Anyaman Bambu, Keahlian Turun-Temurun

Ketika Anda tertarik untuk sekedar melihat atau berkenan membeli kerajinan anyaman karya tangan-tangan terampil di sini, memang cukup sulit untuk mendapatkan tempat parkir kendaraan yang bagus. Yah, jalan di tempat ini terbilang kecil dan ramai dilalui kendaraan bermotor.

Tidak ada tempat parkir sama sekali. Akibatnya, macet…cet…cet! Hmmm….

BACA JUGA: Kompleks Ragey Kakaskasen I, Kerap Timbulkan Kemacetan

Tapi, jika Anda menggunakan kendaraan umum, seperti ojek, oplet (kalau di Tomohon orang menyebutnya mikrolet) atau transportasi online atau berjalan kaki, tiba di tempat kerajinan anyaman bambu ini Anda akan disuguhi hal-hal menarik. Bahkan, Anda dibolehkan menyaksikan pembuatan pernak-pernik dari anyaman bambu ini. Luar biasa kan!

Kerajinan anyaman bambu Kinilow ini sebenarnya sudah tenar. Mengapa? Karena tempat ini sudah sering diliput oleh media massa nasional, baik media cetak, elektronik, televisi maupun online.

BACA JUGA: Perajin Anyaman Bambu Kinilow yang ‘Terlupakan’
BACA JUGA: Aktivitas Lokon Meningkat, Warga Biasa Saja

Destinasi wisata ini dapat Anda jadikan alternatif ketika berwisata alam ke Gunung Lokon (Kawah Tompaluan), hortikultura dan florikultura di Kakaskasen, kolam pemandian Indraloka, air terjun di Tinoor. Apalagi jika Anda menginap di hotel dan resort yang ada di Kinilow. Makin lengkap bukan…

BACA JUGA: TIFF Tak Berpengaruh pada Florist
BACA JUGA: Tomohon, Kota Tua Tanah Minahasa

Perlu Anda ketahui, warga Kinilow turun temurun terus melestarikan kerajinan anyaman bambu sebagai mata pencarian mereka. Nah, niat dan keahlian warga ini sudah selayaknya mendapat perhatian lebih pemerintah, semisal insentif, bantuan peralatan, promosi, pelatihan bahkan menyedikan tempat sebagai show window (tempat pameran) atas karya-karya mereka. DORANG

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Delfi Gantung Diri di Pohon Alpukad

Read Next

Anyaman Bambu, Keahlian Turun-Temurun

Leave a Reply