Banyak Masalah Tenaga Kerja, Ini Jawaban PT Kawanua Puspa Buana

Pabrik Jordan Bakery dibawah PT Kawanua Puspa Buana yang berada di Jalan Lingkar Timur, Kelurahn Paslaten, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Di dalam pabrik roti ini diduga banyak permasalahan ketenagakerjaaan. (Foto: Donny Turang/publikreport.com)

Pabrik Jordan Bakery dibawah PT Kawanua Puspa Buana yang berada di Jalan Lingkar Timur, Kelurahn Paslaten, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara. Di dalam pabrik roti ini diduga banyak permasalahan ketenagakerjaaan. (Foto: Donny Turang/publikreport.com)

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

“Tenaga kerja kami diikat dengan kontrak kerja. Kontrak kerja ini kami bacakan kepada karyawan. Kontrak kerja tidak kami berikan kepada karyawan, hanya disimpan oleh manajemen. Pengangkatan tenaga kerja menjadi karyawan tetap, berdasarkan evaluasi manajemen dikoordinasikan dengan Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kota Tomohon”

Tri Mardianto, Perwakilan HRD PT Kawanua Puspa Buana dari Cabang Bandung.

TOMOHON, publikreport.com –  Ketua DPC FKUI SBSI Kota Tomohon, Rocky Paat menuding banyak permasalahan perburuhan di Kota Tomohon. Salah satunya terjadi di PT Kawanua Puspa Buana yang memproduksi Jordan Bakery.

BACA: SBSI: Banyak Masalah Perburuhan di Tomohon

Manajemen PT Kawanua Puspa Buana saat dikonfirmasi publikreport.com melalui Human Resource Development (HRD)  mengaku akan menjawab sesuai apa yang mereka pahami.

Mengenai upah tenaga kerja di Pabrik Roti Jordan, Perwakilan HRD PT Kawanua Puspa Buana dari Cabang Bandung, Tri Mardianto menyatakan,  manajemen sudah membayar sesuai Upah Minim Regional (UMR). Walaupun diakuinya, pembayaran upah ini belum mengikuti ketentuan dari Dinas Tenaga Kerja (Dinaker). Alasannya, pihak perusahaan masih sementara merancang skala upah dan lain-lain.

“Skala upah ini sudah on proses,” ucap Tri yang didampingi Staf HRD PT Kawanua Puspa Buana, Nini Pontoan, Selasa, 10 Juli 2018 di kantornya.

BACA JUGA: Harold Ingatkan Tentang Hak-hak Pekerja

Sementara mengenai tenaga kerja, menurut Tri, ada yang karyawan tetap dan karyawan kontrak. Di mana setiap tenaga kerja yang direkrut akan dievaluasi selama satu tahun tiga bulan.

“Tenaga kerja kami diikat dengan kontrak kerja. Kontrak kerja ini kami bacakan kepada karyawan. Kontrak kerja tidak kami berikan kepada karyawan, hanya disimpan oleh manajemen. Pengangkatan tenaga kerja menjadi karyawan tetap, berdasarkan evaluasi manajemen dikoordinasikan dengan Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Kota Tomohon,” jelas Tri.

BACA JUGA: HRD PT Kawanua Puspa Buana: Serikat Pekerja Kami Baru Dengar-dengar
BACA JUGA: Sudah Lama Bekerja Tapi Gaji Setara Karyawan Baru

Saat ini, Nini menambahkan, PT Kawanua Puspa Buana mempekerjakan lebih dari 200 tenaga kerja. 70 persen dari total tenaga kerja di perusaaan ini masih berstatus kontrak.

Menyentil tentang pemberian BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan Tenaga Kerja, Tri menyataknan, ada yang sudah, dan ada yang belum.

“BPJS juga on proses,” ujarnya.

“Saya menjelaskan sebagaimana apa yang saya pahami. Lain-lain silahkan ke Dinas Tenaga Kerja,” katanya. DORANG

BACA JUGA: Masyarakat Sebagai Pengawas Keselamatan Kerja

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Lupa Ganti Komponen Ini, Mobil Bisa Bergerak Liar

Read Next

HRD PT Kawanua Puspa Buana: Serikat Pekerja Kami Baru Dengar-dengar

Leave a Reply