Breaking News :

Fitur Baru di Gboard Bisa Terjemahkan Bahasa Lewat Suara

Foto: Medium

Pembaruan kembali diberikan Google untuk aplikasi keyboard miliknya, Gboard. Pembaruan ini memungkinkan Gboard untuk menerjemahkan kalimat yang diucapkan lewat suara oleh pengguna ke berbagai bahasa.

Fitur penerjemah bukan hal baru bagi Gboard, tetapi ini kali pertama Gboard menggunakan fitur suara langsung tanpa mengetik kalimat yang ingin diterjemahkan.

Tersedia ikon mikrofon pada Gboard yang dapat langsung digunakan untuk menyebutkan kalimat yang ingin diterjemahkan. Kalimat yang telah diterjemahkan itu kemudian akan diubah menjadi sebuah teks pada kolom di Gboard dan terjemahannya akan langsung tampil di layar.

Fitur penerjemah di Gboard ini mendukung semua bahasa yang tersedia di Google Translate. Namun sayangnya, fitur ini belum bisa mengakomodasi kalimat panjang karena hanya mampu menerjemahkan 200 karakter saja.

Inovasi terbaru Gboard ini mirip dengan fitur “Transcribe” milik Google Translate yang diluncurkan Maret lalu.

Dilansir dari Android Police (17/8), fitur ini telah digulirkan oleh Google ke seluruh penggunanya. Namun tak sedikit juga pengguna yang belum mendapatkannya. Hal ini dimungkinkan karena Google merilis fitur ini secara bertahap, sehingga tidak semua pengguna dapat menikmatinya saat ini.

Jika tak sabar ingin menggunakannya, kamu dapat mengunggah Gboard beta v9.7 melalui Google Play Store, ya.

TEKNOLOGI.id

0 Reviews

Write a Review

Tags: