PUBLIKREPORT.com

Hasil Pertandingan dan Fakta Menarik Swedia Vs Swiss

Viktor Claesson dan Steven Zuber berduel di udara pada pertandingan Swedia vs Swiss dalam babak 16 besar Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 3 Juli 2018.

Swedia masih akan melanjutkan kiprahnya di Piala Dunia 2018. Mereka baru saja mendapatkan satu tempat di babak perempat final usai menang dengan skor 1-0 atas Swiss di Saint-Petersburg Stadium, Selasa, 03 Juli 2018, malam WIB.

Kemenangan Swedia ditentukan oleh gol tunggal yang dicetak oleh Emil Forsberg pada babak kedua. Selanjutnya, Swedia akan berjumpa pemenang antara Inggris melawan Kolombia di perempat final.

Jalannya Pertandingan

Swedia lebih dulu menebar ancaman ke gawang Swiss pada awal laga. Dua peluang emas didapat sata laga belum genap berjalan sepuluh menit. Tapi, eksekusi Marcus Berg dan Albin Ekdal belum menjadi gol.

Setelah dua peluang tersebut, laga berjalan cukup sengit di lini tengah. Kekuatan kedua tim cukup berimbang. Swiss beberapa kali coba mengancam dengan aksi individu Xherdan Shaqiri dari sektor sayap.

Menit ke-39, Blerim Dzemaili mendapat peluang untuk membawa Swiss unggul. Tapi tendangan kerasnya masih melayang di atas mistar Swedia. Serangan dari Steven Zuber pun masih belum menemui sasaran dengan baik.

Ekdal kembali mendapat peluang di menit ke-41. Namun, lagi-lagi usahanya belum tepat sasaran. Bola melambung meski dia dalam kondisi tidak terkawal. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol yang tercipta.

Babak kedua dimulai dengan tempo yang cukup lambat. Swedia kembali membuang peluang apik. Kali ini, giliran Viktor Claesson yang tendangannya melambung. Swiss sulit lepas dari tekanan dan berharap pada eksekusi bola mati.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya baru hadir pada menit ke-66. Mendapat sodoran Ola Toivonen, Emil Forsberg melepas tendangan keras. Bola mengenai pemain belakang Swiss dan mengubah arahnya. Gawang Yann Sommer tergetar, Swedia unggul 1-0.

Setelah tertinggal, Swiss bermain lebih menekan. Pelatih Vladimir Petkovic memasukkan Breel Embolo dan Haris Seferovic untuk menambah daya gedor. Menit ke-79, Embolo mendapat peluang tapi tandukannya bisa diblok oleh Forsberg.

Kiper Swedia, Robin Olsen, beberapa kali membuat penyelamatan penting jelang pertandingan usai. Hingga akhirnya Swedia mendapat serangan balik di menit akhir yang berujung pada hukuman penalti. Tapi, wasit meralatnya setelah melihat VAR dan hanya memberi tendangan bebas.

Toivonen melakukan eksekusi dengan apik tapi masih bisa ditepis oleh Sommer. Sesaat kemudian, laga usai dengan kemenangan 1-0 untuk Swedia.

Susunan Pemain

Swedia [4-4-2]: Robin Olsen; Ludwig Augustinsson, Andreas Granqvist, Victor Lindelof, Mikael Lustig; Emil Forsberg, Albin Ekdal, Gustav Svensson, Viktor Claesson; Ola Toivonen, Marcus Berg

Pelatih: Janne Anderson

Swiss [4-2-3-1]: Yann Sommer; Ricardo Rodriguez, Manuel Akanji, Johan Djourou, Michael Lang; Granit Xhaka, Valon Behrami; Steven Zuber, Blerim Dzemaili, Xherdan Shaqiri; Josip Drmic

Pelatih: Vladimir Petkovic

5 fakta menarik

Timnas Swedia memastikan tiket ke perempat final Piala Dunia 2018 dengan mengalahkan Swiss 1-0 di Stadion Saint-Petersburg, Rabu, 03 Juli 2018.

Gol kemenangan Swedia dicetak oleh Emil Forsberg pada menit ke-66.

Terkait kemenangan itu, Swedia mengulangi pencapaian Piala Dunia 1958 saat mereka bisa menang dua kali beruntun dalam Piala Dunia, yakni menang pada fase perempat final dan semifinal.

Sebelumnya, pada Piala Dunia tahun ini, sebelum mengalahkan Swiss, Swedia menang 3-0 atas Meksiko yang memastikan mereka menjadi juara Grup F dan memastikan langkah ke 16 besar.

Sementara itu, Emil Forsberg pun bisa “pecah telur’. Golnya ke gawang Swiss merupakan gol pertama Forsberg pada Piala Dunia, dengan usaha tembakan yang ke-14 pada Piala Dunia tahun ini.

2 – Swedia telah memenangi pertandingan Piala Dunia back-to-back untuk kali pertamanya sejak 1958, saat mereka menang pada perempat final dan semifinal sebelum menuju final sebagai negara tuan rumah pada tahun itu.

2 – Kelolosan Swedia ke perempat final menambah anggapan bahwa Swedia bisa tetap baik meski tak lagi diperkuat Zlatan Ibrahimovic.

Saat masih dibela Ibrahimovic pada dua edisi Piala Dunia (2002 dan 2006), Swedia berakhir di babak 16 besar. Adapun pada 2010 dan 2014, Swedia tak lolos ke putaran final.

3 – Swedia telah memenangi tiga pertandingan terakhir pada Piala Dunia 2018, sedangkan Swiss tidak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir.

14 – Emil Forsberg pun bisa “pecah telur’. Golnya ke gawang Swiss merupakan gol pertama Forsberg pada Piala Dunia, dengan usaha tembakan yang ke-14 pada Piala Dunia tahun ini.

50 – Ini menjadi pertandingan ke-50 Swedia di putaran final Piala Dunia, hanya Meksiko (57) yang telah bermain lebih banyak, tanpa pernah memenangi Piala Dunia.

 

BOLA I KOMPAS I OPTAJOE

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Realisasikan Janji, Pendukung Spanyol Ini Berjalan Telanjang

Read Next

Kolombia Vs Inggris Pecahkan Sejumlah Rekor

Leave a Reply