Jarod Manado, Warga Sebut DPRD Tingkat III

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Jalan Roda (Jarod) adalah kawasan kumpul-kumpul berbagai elemen masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut), khususnya Kota Manado. Jarod juga merupakan kawasan kuliner yang terletak di pusat kota Manado, berdekatan shoping center.

Paling khas yang sering terlontar dari orang yang pernah ke Jarod adalah,”kopi stenga”. Entah apa maksud sebenarnya.

Kopi selalu menghiasi meja-meja di Jarod, selain tentunya cemilan dan makanan lainnya. Dari minum kopi di kawasan ini, berbagai elemen masyarakat kemudian membahas berbagai topik, seperti politik, ekonomi, sejarah budaya, pendidikan, pertahanan, keamanan, sosial budaya, ideologi, hukum dan lain-lain.

Pengunjung atau yang sudah ‘member’ di tempat ini datang dari berbagai kalangan – tak mengenal usia -, itulah oleh orang Manado dan sekitarnya menyebut Jarod adalah DPRD Tingkat III. Entah siapa yang mencetuskannya.

BACA JUGA: Di Jarod, Jokowi Ngobrol dan Ngopi

Setelah menghadiri Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) X Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Minggu 31 Maret 2019, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan mengarah ke lokasi Jalan Roda (Jarod) yang terletak di pusat kota Manado. Di Jarod ini, Jokowi ngobrol santai bersama warga sambil menikmati secangkir kopi di salah satu kios.

Nama Jarod yang sudah familiar di telingar orang Manado, sehingga sejumlah tokoh nasional pernah singgah di tempat tersebut, antaranya Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Yusril Ihza Mahendra, Wiranto, Hazim Muzadi, Yenny Wahid dan musisi Iwan Fals.

Mengapa kawasan tersebut disebut/diberi label Jalan Roda (Jarod) entah siapa pencetusnya. Tapi kawasan yang menjadi tempat kumpul-kumpul, politisi, pengusaha, praktisi hukum, ekonom, akademisi, mahasiswa, pegiat LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), wartawan bahkan orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah ada sejak lama. Beberapa orang yang bahkan dapat disebut ‘member’ di tempat ini sudah pernah/ada yang menjadi wakil rakyat di DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Manado atau Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mungkin juga hingga ke DPR/DPD RI. DORANG

BACA JUGA: Kisah Kit Sang, DPRD Tingkat III

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Penyu (Berusia 50 Tahun) Dilepas ke Laut

Read Next

Jual Beli Jabatan, Kemendagri: Memalukan

Leave a Reply