PUBLIKREPORT.com

Kabar Sulut Rawan Bencana, Wagub: Jangan Mudah Percaya Isu

Steven OE Kandouw, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Kalau soal bencana, seluruh daerah di dunia berpotensi bencana, bukan hanya Sulut. Jadi jangan percaya isu-isu meresahkan yang mengatakan kita ini sedang rawan gempa atau semacamnya yang hanya ingin menakut-nakuti masyarakat saja, kecuali info resmi dari badan-badan yang berwenang”

Steven OE Kandouw, Wakil Gubernur (WAgub) Provinsi Sulawesi Utara 

MANADO, publikreport.com – Kabar miring yang beredar di mana Sulawesi Utara (Sulut) rawan mengalami bencana alam, sehingga wisatawan takut ke daerah ini, ditepis Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw.

“Hingga saat ini Sulut aman. Kalau bilang potensi (bencana) seluruh dunia punya potensi bencana,” tegas Steven di ruang kerjanya, Selasa, 09 Oktober 2018, sore.

Mengenai erupsi Gunung Soputan baru-baru ini, Steven mengakuinya.

“Tidak ada pengungsian warga, apalagi korban jiwa. Jadi Sulut masih sangat aman dan kondusif untuk warga dan wisatawan” ujarnya.

Agar masyarakat lokal, nasional dan international yakin Sulut aman dan kondusif, menurut Steven, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

“Saat ini status Gunung Soputan pada Level III. Artinya masih dalam kondisi aman,” jelasnya.

Masyarakat, Steven mengimbau, agar tidak mudah percaya dengan isu-isu yang mengatakan Sulut dalam keadaan rawan bencana atau darurat bencana.

“Kalau soal bencana, seluruh daerah di dunia berpotensi bencana, bukan hanya Sulut. Jadi jangan percaya isu-isu meresahkan yang mengatakan kita ini sedang rawan gempa atau semacamnya yang hanya ingin menakut-nakuti masyarakat saja, kecuali info resmi dari badan-badan yang berwenang,” imbaunya.

Adanya isu-isu miring ini sangat disayangkannya. Menurutnya, pemerintah di bawah kendali Gubernur Sulut, Olly Dondokambey sedang gencar-gencarnya mempromosikan Sulut sebagai salah satu destinasi pariwisata dunia.

”Sangat disayangkan, ketika pak gubernur sedang gencar-gencarnya mempromosikan setiap potensi wisata di Sulut, ada orang yang suka menyebarkan kabar seperti itu. Jangan percaya, tidak benar itu, Sulut tetap aman dan kondusif,” tegasnya.

 

VICTORIE WUWUNG

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Ricuh di Karaoke Super Star Tomohon

Read Next

Pengadaan CPNS, Sekretaris KemenPANRB: Jangan Sampai Merekrut Orang yang Salah

Leave a Reply