PUBLIKREPORT.com

Kiat Menjaga Udara di Rumah Tetap Bersih dan Sehat

Ilustrasi dekorasi rumah Skandinavia. (Foto: Tabloidbintang)

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Udara yang bersih merupakan salah satu syarat dari rumah sehat. Sayangnya, faktor ini kerap diabaikan. Orang cenderung pasrah dengan kondisi udara yang sudah ada di lingkungan tempat tinggalnya.

Padahal, udara yang kotor di lingkungan tempat tinggal, bisa disaring atau dibuat lebih bersih sehingga menyehatkan. Nah, berikut adalah beberapa cara membersihkan udara di lingkungan rumah.

Hilangkan sumber pencemar udara

Ada banyak sumber pencemar udara atau alergan di dalam rumah. Mulai dari debu, serbuk, jamur, hingga bulu hewan peliharaan. Dengan membersihkan rumah secara teratur, maka akan mengurangi hal-hal tersebut.

Sebagai langkah pertama, Anda bisa membersihkan permukaan perabotan yang berpotensi menyimpan debu setiap hari. Mulai dari karpet, meja, dan perabotan kayu lainnya. Jangan lupa membersihkan rak buku yang tinggi serta kipas di langit-langit.

Untuk mengurangi debu di tempat tidur, gunakan penutup kasur dan sarung bantal berbahan plastik. Gunakan air panas ketika mencuci seprai dan selimut. Terakhir, jangan biarkan ada orang yang merokok di dalam ruangan.

Gunakan alat penyaring udara

Meskipun penyaring udara (air purifier) memiliki harga yang mahal, namun mesin ini efektif menghilangkan sumber alergen yang berbahaya dan polutan dari udara di rumah. Alhasil, udara di dalam rumah lebih berkualitas dan kesehatan penghuni pun lebih terjaga.

Kurangi AC, buka jendela

Tidak semua sistem pendingin dan penghangat ruangan menyuplai udara segar ke dalam rumah. Membuka jendela dan pintu tetap paling efektif membuat udara segar bersirkulasi dengan baik, yang tentunya akan membuat udara di rumah Anda lebih berkualitas. Hal ini juga sangat penting bila Anda menyukai kegiatan di dalam ruangan yang membuat udara tercemar, seperti melukis, bermain pasir, dan memasak.

Hindari pewangi buatan

Semakin sedikit pewangi yang tercium di dalam rumah, maka semakin baik. Jika memungkinkan, pilih bahan pembersih dan pencuci pakaian yang tidak wangi, termasuk deterjen, pelembut, dan bahan pembersih lain yang kerap digunakan di rumah. Pilih produk pembersih yang bebas aeorosol serta hindari penggunaan pewangi ruangan buatan yang berbahan kimia.

Bawa tumbuhan ke dalam rumah

Segarkan udara dengan membawa tumbuhan ke dalam rumah. Beberapa tumbuhan seperti lidah buaya, cemara, bunga lili, atau sansivieria, diyakini bisa menyaring dan membuat udara lebih berkualitas. Di sisi lain, tanaman juga bisa jadi elemen dekoratif karena memberi kesan asri pada hunian. AURA I TEMPO.co

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Kisah Relawan Indonesia di Piala Dunia

Read Next

Menagih Janji Perlindungan Hutan Adat

Leave a Reply