Konsumen Kembali Keluhkan Layanan PDAM Tomohon

Pipa-pipa air bersih yang disinyalir hasil dari proyek Dinas Pekerjaan Umum Kota Tomohon yang diduga tidak terpakai alias tidak menyalurkan air bersih ke warga, sehingga hanya ditumpuk di saluran air yang ada di Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Pipa-pipa air bersih yang disinyalir hasil dari proyek Dinas Pekerjaan Umum Kota Tomohon yang diduga tidak terpakai alias tidak menyalurkan air bersih ke warga, sehingga hanya ditumpuk di saluran air yang ada di Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN:

Pipa-pipa air yang disinyalir proyek Dinas Pekerjaan Umum juga disorot warga.

***

Sebenarnya masalah air di Tomohon sudah bertahun-tahun. Tapi kenapa pak walikota tidak turun tangan”

Wellem Taroreh, warga.

TOMOHON, publikreport.com – Layanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kembali dikeluhkan masyarakat konsumen air. Mereka mengaku sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun mengalami krisis air bersih. Selain layanan air bersih dari BAdan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu, warga Kota Tomohon juga mengeluhkan pipa-pipa air yang disinyalir merupakan proyek dari Dinas Pekerjaan  Umum Kota  Tomohon, namun terkesan hanya dibiarkan saja.

Sudah sekitar satu tahun pipa ini tidak pernah keluar air. Sebelumnya, paling hanya tiga hari dalam seminggu keluar air. Parah sekali ini. Harusnya Walikota Tomohon mengganti Direksi PDAM Tomohon,” ungkap Nixon Lasut, kepada publikreport.com, Kamis 09 April 2020.

BACA JUGA: PDAM Tomohon, BUMD yang Gagal

Sayangnya, menurut Nixon, keluhan masyarakat ini seperti diabaikan oleh manajemen PDAM Kota Tomohon.

Puluhan bahkan ratusan keluarga di Tomohon sudah mengkritik mereka lewat berita, postingan medsos (media sosial) bahkan langsung ke kantor itu. Tapi jawaban mereka selalu kesana-kemari,” kata Nixon yang merupakan warga Kelurahan Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Keluhan Nixon ini dibenarkan Wellem Taroreh.

Bukan cuma air yang bermasalah. Pipa-pipa yang dipasang oleh mereka juga jelas ada masalah serius. Banyak pipa rusak, bahkan ada yang tidak pernah keluar air. Pemasangan terkesan asal jadi dan jelas harus diproses,” bebernya.

Anehnya, Wellem melanjutkan, Walikota Tomohon tidak pernah angkat suara untuk menjelaskan masalah ini.

Sebenarnya masalah air di Tomohon sudah bertahun-tahun. Tapi kenapa pak walikota tidak turun tangan,” ujarnya.

BACA JUGA: PDAM Tomohon Dimana Tanggung-Jawabmu

Kritikan terhadap Walikota Tomohon terkait masalah air bersih bagi masyarakat, juga datang dari Kecamatan Tomohon Barat.

Harusnya pak walikota tanyakan pada Dinas PU (Pekerjaan Umum) Tomohon kenapa pipa yang mereka pasang rusak semua. Harusnya pak walikota cek ke PDAM soal sambungan-sambungan baru yang tidak pernah keluar air,” tegas Marcel Kojongian, warga Kelurahan Woloan I.

Warga lainnya menilai terkesan jadi pembiaran terhadap jaringan pipa air yang rusak atau mereka menduga sengaja dirusak.

Ini pipa sengaja ditumpuk oleh beberapa orang disini. Mereka bilang, dari pada dipasang percuma, lebih baik dibuang saja,” kata Charles L seraya menunjuk dan menjelaskan pipa yang nampak dibuang ke selokan.

BACA JUGA: Warga Keluhkan Layanan Air Bersih di Kota Tomohon

Pipa air di salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tomohon Utara yang tidak menyalurkan air bersih ke warga diduga sengaja dirusak, sehingga oleh salah perangkat kelurahan setempat kemudian memperbaikinya dengan menutup ujung pipa.

Hal sama di kemukakan oleh salah satu perangkat kelurahan yang ada di Kecamatan Tomohon Utara.

Ada warga yang memotong pipa ini pada malam hari. Terpaksa saya menutupnya seperti ini. Memang pipa ini baru satu kali keluar air sewaktu uji coba pada tahun 2018,” ceritanya.

BACA JUGA: Jaringan Pipa Air Terkesan Asal Pasang

Sebelumnya, Natalia Atang, salah satu staf Bagian Informasi PDAM Kota Tomohon saat dihubungi wartawan mengatakan, mereka selalu mengecek ke lapangan jika ada keluhan.

Kalau ada keluhan dari pelanggan, kami langsung turun lapangan. Memang, terkadang kami datangi lokasi yang mengeluh, ternyata tidak ada orang,” jelasnya.

Sayangnya, pihak Dinas PU Kota Tomohon selaku pihak penanggung jawab pemasangan jaringan pipa belum bisa terkonfirmasi. JOPPY JW

BACA JUGA: Ini Sumber Air PDAM Tomohon
BACA JUGA: Warga: Kran Jarang Keluar Air

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Wabah Covid-19, Polri: Angka Kejahatan Menurun

Read Next

Bantuan Terus Disalurkan Dinas Pangan Minut

Leave a Reply