Latih Anak Didik Raih Prestasi (FLS2N)

Atraksi anak-anak (siswa) SD Inpres Kumelembuai pada lomba tari katrili tingkat Kota Tomohon di Anugerah Hall, Kelurahan Paslaten 1, Kecamatan Tomohon Timur, Selasa 07 Mei 2019. (foto: donny/publikreport.com)

Atraksi anak-anak (siswa) SD Inpres Kumelembuai pada lomba tari katrili tingkat Kota Tomohon di Anugerah Hall, Kelurahan Paslaten 1, Kecamatan Tomohon Timur, Selasa 07 Mei 2019. (foto: donny/publikreport.com)

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Hanya sekitar satu bulan mereka (anak-anak) berlatih melukis, pantomim, bintang vokalia dan tari katrili. Anak-anak bahagia, kami (guru-guru) bahagia, orang tua bahagia, juga sanak keluarga di kampung bahagia. Semua bahagia karena anak-anak sudah bisa tampil maksimal, mengekspresikan kelebihan masing-masing”

Deity S Kilis SPd, Wali Kelas V SD Inpres Kumelembuai/pelatih/guru pembimbing.

  • Juara 1 Lomba Pantomim: Injilia Pangemanan
  • Juara 2 Lomba Melukis: Efraim Sitindjak
  • Juara 3 Lomba Mengayam: Velove Pangemanan

Tim Tari Katrili:

  1. Injilia Pangemanan
  2. Christy Lumowa
  3. Destiany Pitoy
  4. Leantin Terok
  5. Alicia Pontoh
  6. Efraim Sitindjak
  7. Hendra Paat
  8. Richard Imon
  9. Josua Kapoh
  • Lomba Bintang Vokalia diikuti oleh: Destiany Pitoy
  • Lomba Bercerita: Leantin Terok (masih menunggu jadual. Lomba bercerita akan diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tomohon)
  • Pelatih/guru pembimbing: Deity S Kilis SPd (Wali Kelas V SD Inpres Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon).

TOMOHON, publikreport.com – Seakan tak kenal lelah, guru ini terus melatih, membimbing sekitar 10 anak didik di Sekolah Dasar (SD) Inpres Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur, untuk ikut serta Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 Tingkat Kota Tomohon. Anak didik yang disiapkan mengikuti lomba adalah siswa Kelas V dan Kelas IV. Beberapa siswa harus diambil dari Kelas IV karena memang sekolah yang berada diujung timur Kota Tomohon ini terbilang minim siswa.

Tahun ini (2019), kami mengikuti sejumlah lomba, seperti melukis, pantomim, mengayam, bintang vokalia dan tari katrili,” kata Deity S Kilis SPd, Wali Kelas V SD Inpres Kumelembuai, sekaligus pelatih, pembimbing siswa yang akan mengikuti lomba, kepada publikreport.com disela-sela lomba bertempat di Anugerah Hall, Kelurahan Paslaten 1, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Selasa 07 Mei 2019.

 

Siswa Kelas V SD Inpres Kumelembuai, Injilia Pangemanan berhasil meraih Juara 1, lomba pantomim tingkat Kota Tomohon (FLS2N).

Karena keterbatasan jumlah siswa, Deity mengungkapkan, beberapa anak harus dobel dalam mengikuti lomba. Contohnya, mereka yang mengikuti lomba melukis, pantomim dan bintang vokalia juga mengikuti lomba tari katrili.

“Anak-anak sangat gembira dan antusias mengikuti lomba. Mereka sangat bersemangat dan mendapat support dari orang tua masing-masing. Syukur sebagian besar lomba yang diikuti masuk dalam tiga besar. Siswa atas nama Injilia Pangemanan, meraih juara satu lomba pantomim, kemudian Efraim Sitindjak, juara dua lomba melukis dan Velove Pangemanan, juara tiga lomba mengayam,” ucapnya.

Siswa Kelas V SD Inpres Kumelembuai, Efraim Sitindjak, meraih Juara 2, lomba melukis tingkat Kota Tomohon (FLS2N).

Keikutsertaan pada FLS2N tahun 2019 dan prestasi yang didapatkan, Deity menceritakan, sudah cukup menggembirakan. Apalagi waktu mempersiapkan anak-anak mengikuti lomba terbilang singkat. “Hanya sekitar satu bulan mereka (anak-anak) berlatih melukis, pantomim, bintang vokalia dan tari katrili. Anak-anak bahagia, kami (guru-guru) bahagia, orang tua bahagia, juga sanak keluarga di kampung bahagia. Semua bahagia karena anak-anak sudah bisa tampil maksimal, mengekspresikan kelebihan masing-masing,” ujar Deity yang merupakan Guru Berprestasi Sulawesi Utara (Sulut) yang ke seleksi Guru Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun 2013.

Melatih dan membimbing anak-anak baik di kelas maupun untuk mengikuti lomba, Deity menegaskan, sudah merupakan tugasnya sebagai guru, kendati harus mengalami berbagai kendala.

“Semuanya saya kerjakan dengan tulus dan tanpa memikirkan pamrih. Anak-anak di sekolah itu (SD Inpres Kumelembuai) memiliki potensi. Potensi itu harus dieksplore, harus dituntun, diarahkan. Mungkin suatu saat mereka akan mengukir prestasi lebih baik lagi,” jelas Deity yang setiap hari harus menempuh perjalanan yang cukup jauh (sekitar 10 kilometer) untuk ke sekolah. Sebab ibu guru ini tinggal di Kelurahan Kamasi, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

LIHAT: VIDEO) Kumelembuai Bersatu, Kumelembuai Kerja

Deity S Kilis SPd, Wali Kelas V SD Inpres Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur/pelatih/pembimbing siswa yang mengikuti lomba FLS2N tingkat Kota Tomohon.
Deity S Kilis SPd, Wali Kelas V SD Inpres Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur/pelatih/pembimbing siswa yang mengikuti lomba FLS2N tingkat Kota Tomohon.

Kepada guru-guru dan Kepala SD Inpres Kumelembuai, Agustien Posumah, Deity mengucapkan terima kasih atas support dan bantuan yang diberikan selama persiapan mengikuti lomba. “Marilah kita terus kompak, saling mendukung, saling bekerja sama. Karena apa yang kita buat adalah semata-mata untuk anak-anak didik. Anak-anak ini adalah generasi penerus yang harus dituntun, digali potensi yang mereka miliki,” tambahnya. DORANG

Siswa Kelas V SD Inpres Kumelembuai, Velove Pangemanan (berbaju orange), meraih Juara 3, lomba mengayam tingkat Kota Tomohon (FLS2N).
Siswa Kelas V SD Inpres Kumelembuai, Velove Pangemanan (berbaju orange), meraih Juara 3, lomba mengayam tingkat Kota Tomohon (FLS2N).

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Pesan Wagub Kepada Para Kepsek dan Guru

Read Next

Pasca Penangkapan Teroris di Bitung, Kapolres Ajak Masyarakat Jaga Keamanan

Leave a Reply