PUBLIKREPORT.com

Loji, Rumah Panggung Bersejarah di Tondano

Loji, berupa rumah panggung khas Minahasa di Kelurahan Renegetan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut.

Loji, berupa rumah panggung khas Minahasa di Kelurahan Renegetan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut.

INGIN ARTIKEL DIBACAKANK: https://publikreport.com

Loji dulunya tempat tinggal dan tempat diadakannya acara-cara penting oleh para pejabat Hindia Belanda.

Bangunan berupa rumah panggung yang disebut Loji ini terletak di Kelurahan Renegetan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Rumah panggung yang dibangun sekitar tahun1850 ini dulunya menjadi tempat tinggal kepala distrik (konteler), sekaligus digunakan sebagai tempat diadakannya acara-acara penting oleh para pejabat Hindia Belanda.

Letak bangunan ini dekat Danau Tondano, dengan letak astronomi Lintang Selatan 010 18’ 23.5” dan Bujur Timur 1240 54’16,1” dengan ketinggian 703 mdpl (meter dari permukaan laut), dengan morfologi relatif datar.
Loji ini awalnya awalnya berada di lahan Kantor Bupati Kabupaten Minahasa saat ini. Lalu pada tahun 1979 oleh Bupati BG Lapian, bangunan tersebut dibongkar dengan alasan lahan akan dibangun kantor bupati yang baru. Loji kemudian dipindahkan ke Rinegetan.

BACA JUGA: Waruga-waruga Misterius di Remboken

Bangunan berbentuk empat persegi panjang, dengan ukuran 26,8 x 16,2 m2 (meter bujur sangkar) yang terbuat dari kayu ini telah beberapa dipugar. Bagian dasar bangunan di topang oleh tiang beton yang berjumlah 45 buah dan bantalan kayu yang besar berjumlah 13 buah.

Tata letak ruang Loji, terdiri dari teras depan, ruang utama, kamar, ruang makan dan teras belakang. Untuk menuju teras melewati dua tatakan anak tangga dari kayu sebanyak 18 buah, yang terletak disebelah barat dan timur bangunan.

Di bagian teras terdapat juga tiang dari kayu yang berfungsi menopang atap teras, dengan jumlah tiang 10 buah. Bagian teras juga terdapat tiga pintu berbentuk jelusi, panel dan dua buah pintu untuk menuju ke kamar dan ruang utama. Pintu menuju ruang utama juga terdapat dua buah jendela ganda berbentuk jelusi. Di atas jendela dan pintu terdapat ventilasi berbentuk segi empat.

Ruang utama berdenah empat persegi dengan ukuran 24,96 x 16,34 m2. ruangan ini berfungsi sebagai tempat pertemuan. Pada ruangan ini terdapat dua pintu untuk menuju kamar tidur yang terletak disebelah barat dan timur. Kamar tidur pada gedung Loji berjumlah enam buah, dengan letak kamar berhadapan. Pintu menuju kamar saling berhubungan.

Ruang makan letaknya sejajar dengan ruang utama hanya dibatasi oleh sekat yang terbuat dari dinding. Ruang makan berukuran 6,13 x 8,99 m2.

Ruangan selanjutnya adalah teras belakang yang terdapat tangga naik disebelah barat bangunan.

BACA JUGA: Gempa Pernah Hancurkan Minahasa

Batas-batas dari bangunan Loji, bagian utara dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU), selatan dengan Jalan Gunung Agung, Timur dengan Taman Makam Pahlawan dan barat berbatasan dengan Kantor Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

BACA JUGA: Tomohon, Kota Tua Tanah Minahasa

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Menkes Setujui PSBB Kabupaten Buol, Sulteng

Read Next

Bertambah, Positif Covid-19 di Sulut Jadi 71 Orang

Leave a Reply