PUBLIKREPORT.com

Marquez Juara Dunia MotoGP 2017

Mark Marques.

Mark Marques.

AKHIRNYA Marc Marquez berhasil merebut gelar juara dunia MotoGP 2017 setelah finish ketiga di GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu 12 November 2017.

Dovizioso sebagai pesaing terdekat untuk berebut gelar mengalami crash saat balapan tinggal lima putaran. Kemenangan pebalap tim Repsol Honda itu terasa spesial, karena dirayakan di kandang sendiri. Sekaligus, Marquez berusaha membuktikan bahwa Sirkuit Ricardo Tormo selalu ramah dengan tuan rumah, meski prestasinya sendiri di sini tak begitu baik.

Dilansir dari kompas.com, start sempurna dilakukan Marquez yang pada sesi kualifikasi, Sabtu 11 November 2017 berhasil mengamankan posisi terdepan. Sempat wheelie, namun pebalap yang memegang rekor menjadi juara dunia MotoGP termuda itu

Beberapa lap berlangsung, Johann Zarco dari tim Yamaha Tech3 tampak sangat agresif. Pebalap Perancis itu pun mendahului Marquez. Saat momen tersebut, kemungkinan Marquez merasa risih dikuntit ketat Zarco, dan dia sempat menoleh ke belakang, seakan memberi jalan, sebelum Zarco mendahului.

Langkah itu memang perlu diambil Marquez, karena buat apa mengejar kemenangan, karena dengan keunggulan 21 poin, yang dibutuhkan pada balap terakhir di Valencia itu hanyalah finish minimal posisi ke-12. Sangat nyaman buat Marquez.

”Mapping 8”

Sementara itu, hingga balapan kurang 12 putaran lagi, Dovizioso masih tertahan di posisi kelima di belakang Lorenzo. Tim akhirnya berkomunikasi dengan Lorenzo, sama seperti saat di Malaysia, yakni dengan menggunakan kode ”mapping 8”.

Belum pasti apa arti kode tersebut, tapi diyakini itulah perintah untuk memberi jalan Dovizioso agar lebih terbuka bertarung di depan. Namun setelah pesan itu datang, sampai beberapa lap, Lorenzo masih bertahan di posisi keempat di depan Dovi.

Petaka Beruntun

Petaka itu pun datang. Dimulai dari Marquez yang setelah berusaha menyalip Zarco, dia harus kehilangan kendali. Untungnya, Marquez berhasil menyelamatkan diri dan kembali di posisi kelima.

Menariknya, Lorenzo yang tetap ngotot ingin merebut kemenangan harus ikutan crash. Setelahnya, Dovizioso juga harus terpeleset di tikungan pertama. Pupus sudah harapan Dovizioso untuk mengukir sejarah sebagai juara dunia.

BACA JUGA: Sirkuit MotoGP Mandalika Siap Digunakan 2021?

 

ZONAUTARA.com

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Aneka Resep Es Krim Sederhana

Read Next

Inspirasi dari Opa Willem

Leave a Reply