Pandemi Covid-19, Operasi Aman Nusa II Digelar

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut), Inspektur Jenderal (Irjen) Royke Lumowa menyematkan pita operasi berwarna kuning pada apel gelar pasukan Operasi Aman Nusa II di halaman belakang Mapolda Sulut, Senin 23 Maret 2020.

Ini sudah merupakan bencana nasional, maka kami melakukan operasi kepolisian ini. Yang kita kedepankan adalah pencegahan, membantu pemerintah daerah melakukan pencegahan, juga termasuk mungkin pengobatan”

Irjen Royke Lumowa, Kapolda Sulut.

MANADO, publikreport.com – Operasi Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) bersandikan Aman Nusa-II dimulai. Operasi ini guna mencegah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Ini sudah merupakan bencana nasional, maka kami melakukan operasi kepolisian ini. Yang kita kedepankan adalah pencegahan, membantu pemerintah daerah melakukan pencegahan, juga termasuk mungkin pengobatan,” jelas Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, Inspektur Jenderal (Irjen) Royke Lumowa usai apel gelar pasukan Operasi Aman Nusa II di halaman belakang Mapolda Sulut, Senin 23 Maret 2020.

Satuan Tugas (Satgas) Operasi ini, menurut Royke nantinya akan melaksanakan beberapa tugas pokok, diantaranya mengimbau masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian, hingga kegiatan keagamaan. Satgas ini juga berpatroli di wilayah rawan penyebaran, melakukan pengawasan dengan alat pengukur suhu panas tubuh, sterilisasi, menyemprotkan cairan disinfektan di lokasi keramaian, pusat kegiatan perekonomian, keagamaan serta pengamanan di lokasi rawan.

Selain itu, Satgas juga akan menindak tegas pelaku kejahatan seperti penjarahan, perampokan, pencurian dan lain-lain, termasuk pelaku penimbunan bahan makanan dan sarana kesehatan.

BACA JUGA: Lawan Covid-19, Polda Sulut Bentuk Satgas Aman Nusa II

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulut, Komisaris Besar (Kombes) Jules Abraham Abast, menambahkan, Satgas akan melakukan penindakan terhadap penyebaran hoaks terkait Covid-19.

Satgas ini akan melaksanakan tugasnya selama 30 hari ke depan,” tambahnya.

Gelar pasukan sekaligus apel pagi ini turut dihadiri Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sulut, Brigadir Jenderal (Brigjen) Tabana Bangun. Apel gelar pasukanb ini ditandai dengan penyematan pita operasi berwarna kuning oleh Kapolda Sulut, Irjen Royke Lumowa, kepada perwakilan personil.

TNI/Polri kembali sterilkan sejumlah tempat ibadah

Jajaran TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) kembali bersinergi melakukan upaya pencegahan Covid-19, salah satunya melalui penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat ibadah di Manado, Senin 23 Maret 2020. Sebelumnya pada Minggu 22 Maret 2020, penyemprotan serupa juga telah dilakukan oleh jajaran TNI/Polri disejumlah gereja di Kota Manado.

Terpantau, penyemprotan pada Senin pagi dilakukan di Masjid An-Nur Teling, Masjid Raya Ahmad Yani, Klenteng di pusat kota Manado, serta Pura Jagadhita Taas.

Penyemprotan disinfektan ini dipimpin langsung Kapolda Sulut, Irjen Royke Lumowa, bersama Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayor Jenderal (Mayjen) Santos Gunawan Matondang, Komandan Pangkalan Utama Angktan Laut (Danlantamal) VIII Manado, Brigadir Jenderal (Brigjen) Donar Rompas, Komandan Resort Militer (Danrem) 131/Santiago, Brigjen Joseph Robert Giri dan Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Sam Ratulangi, Kolonel Johnny Sumaryana.

BACA JUGA: Cegah Covid-19, Fasilitas Umum di Sulut Disemprot Disinfektan

Penyemprotan pertama dilakukan di Masjid An-Nur Teling. Kurang lebih tujuh petugas penyemprot dari petugas medis TNI/Polri bahu membahu melaksanakan penyemprotan.

Kami semua dari jamaah Masjid An-Nur menyampaikan terima kasih atas kegiatan penyemprotan ini. Mudah-mudahan ikhtiar ini diijabah oleh Allah SWT,” ucap Imam Masjid An-Nur, yang setelah penyemprotan memimpin pembacaan doa.

Penyemprotan dilanjutkan ke Masjid Raya Ahmad Yani. Rombongan disambut oleh Pengurus Masjid Raya. Usai penyemprotan, Ketua Takmir Masjid Raya Ahmad Yani, H Jusuf Otoluwa memimpin pembacaan doa bersama menangkal wabah Covid-19.

Usai melakukan penyemprotan di Masjid Raya, rombongan bergerak menuju Klenteng Ban Hing Kiong Manado, dan diterima pengurus klenteng setempat.

Atas nama pengurus mengucapkan terima kasih kepada Kapolda, Pangdam dan seluruh instansi terkait atas kepeduliannya bersama-sama mengatasi Covid-19. Dengan kepedulain ini semoga kita dapat terhindar dari virus ini,” ucap Pengurus Klenteng, Jimmy Binsar.

Lokasi terakhir yang disterilkan pagi itu adalah Pura Jagaditha, yang berada di Kelurahan Taas. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sulut, Suriono, yang menjemput rombongan.

Kami mengucapkan puji syukur dan terima kasih atas perhatian pemerintah untuk ikut memperhatikan kesehatan umat kami. Ini juga menjadi semangat buat kami untuk memerangi Virus Corona,” ujarnya.

Selain melakukan penyemprotan, TNI/Polri juga memberikan sumbangan bagi masing-masing rumah ibadah tersebut.

Kegiatan ini, menurut Kapolda Sulut, Irjen Royke Lumowa sebagai bentuk kepedulian TNI/Polri untuk ikut memerangi Covid-19.

Kita TNI dan Polri di Sulawesi Utara ikut peduli atas fenomena penyebaran virus yang begitu cepat. Salah satu upaya kami adalah datang ke tempat-tempat ibadah melakukan penyemprotan disinfektan,” jelasnya.

TNI dan Polri juga, katanya, ikut melakukan sosialisasi terkait sosial distancing dan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

BACA JUGA: Cara Membuat Disinfektan Alami untuk Mencegah Virus
BACA JUGA: Hand Sanitizer: Manfaat, Penggunaan, Cara Membuat, dll

 

ALFIAN TEDDY

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Kenny Rogers Meninggal Dunia

Read Next

Laka Lantas, Tiga Orang Meninggal Dunia

Leave a Reply