Panwaslu Tomohon Janji Kawal Seluruh Tahapan Pemilu 2019

Koordinator Devisi Pencegahan, Sosialisasi dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Tomohon, Rihta Kambong.

Koordinator Devisi Pencegahan, Sosialisasi dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Tomohon, Rihta Kambong.

TOMOHON, publikreport.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 melalui Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelengaaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Beriringan dengan tahapan jadwal Pemilu 2019, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tomohon siap mengawal dan mengawasi seluruh tahapan.

“Tahapan verifikasi keanggotaan dan pengurusan partai politik (Parpol) oleh KPU Kota Tomohon yang sementara berlangsung mendapat pengawasan Panwaslu Kota Tomohon,” kata Koordinator Devisi Pencegahan, Sosialisasi dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Tomohon, Rihta Kambong kepada publikreport.com.

BACA JUGA: Ada Temuan, Panwaslu Akan Panggil 4 Parpol

Dalam melakukan pengawasan, menurut Rihta, Panwaslu memaksimalkan seluruh Panwaslu kecamatan. Contohnya verifikasi dengan metode random sampling oleh KPU dan Panwaslu Kota Tomohon di Kecamatan Tomohon Utara pada Sabtu 16 Desember 2017.

“Panwas kecamatan dilibatkan. Verifikasi akan dilanjutkan Senin 18 Desember 2017 ke seluruh kecamatan yang ada,” jelasnya.

Panwaslu kecamatan se-Kota Tomohon, Rihta mengungkapkan, telah dibekali mengenai tugas pengawasan oleh Panwaslu Kota Tomohon.

“Sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, personil Panwaslu tetap menjalankan tugas kendati kondisi cuaca buruk sekalipun,” ujarnya.

BACA JUGA: Jelang Pilkada, Waspadai Perilaku PNS Langgar Netralitas

Diketahui, sejak Oktober 2017, KPU telah memulai tahapan Pemilu dengan pendaftaran Parpol. Kemudian penelitian administrasi dan perbaikan yang berlangsung 18 November-12 Desember 2017.

Kini tahapan verifikasi factual keanggotaan dan kepengurusan Parpol, sejak 14 Desember 2017-04 Januari 2018.

 

VICTORIE WUWUNG

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Muslim Bolmong Raya Serukan Boikot Produk AS

Read Next

Perbaiki Hairclipper, Jhouse Tewas

Leave a Reply