Pasar Tomohon Diklaim Bebas Anjing Potas

Pedang Pasar Beriman Tomohon menyediakan tempat penjualan daging anjing. Tempat ini populer disebut Pasar Ekstrim, karena selain daging anjing juga tersedia ular, tikus, kucing dan kera. (Foto: Zonautara)

TOMOHON, publikreport.com – Daging anjing dijual bebas di Pasar Beriman Tomohon. Sedikitnya, terdapat tujuh penjual daging anjing di pasar tradisional yang dikenal dengan Pasar Ekstrem karena menjual daging hewan yang tak lazim dimakan oleh masyarakat.

Sejumlah pedagang pun mengaku masih banyak masyarakat, khususnya dari daerah Minahasa yang mencari dan mengonsumsi daging anjing. Rendy Pongoh misalnya.

BACA JUGA: Konsumsi Anjing Rawan Terkena Rabies, Berikut Ini Temuan Lapangan…

Pria yang sudah beberapa tahun menjual daging anjing ini mengaku, dalam sehari, dirinya bisa menjual hingga lebih dari enam ekor anjing. Itu pun di luar hari Sabtu atau hari raya yang bisa mencapai 10 hingga 20 ekor sehari.

Menurut dia, masih banyaknya masyarakat yang membeli daging anjing di Pasar Tomohon karena dinilai, bahwa di pasar tersebut, daging anjing yang dijual bukan merupakan anjing hasil curian yang menggunakan potassium sianida atau di Kota Manado dikenal dengan istilah anjing potas.

“Di sini tidak ada anjing potas. Penjual anjing potas takut masuk di sini. Karena di sini anjing tidak lagi ditampung, melainkan langsung ke penjual,” ungkap Rendy.

BACA JUGA: Anjing di Pasar Tomohon Dipasok Dari Makassar Dan Gorontalo

Dia menjelaskan, pihak Dinas Pertanian Peternakan (Distankan) Kota Tomohon sesekali mengecek kesehatan anjing yang akan dijual untuk dikonsumsi masyarakat itu. Di mana, kata dia, untuk saat ini, pemeriksaan kesehatan hewan dilakukan sejak bulan yang lalu.

“Ada dokter hewan yang memeriksa hati anjing bulan lalu. Tapi yang pasti tidak ada anjing potas yang dijual di pasar ini,” pungkasnya. ZONAUTARA.com

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Mewarnai Kain dengan Warna Alam

Read Next

Ivansa: JWS Jangan Asal Ngomong