Pemilu, Warga Kuatir Internal Partai Berlaku Curang

Ketua PPK Tomohon Selatan, Johnly Gigir bersama jajarannya. (foto: publikreport.com)

“Kami menduga pada Pemilu 2014 lalu suara caleg kami dialihkan. Tapi mau bagaimana lagi, semua saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah orang dari ketua partai politik tingkat kota. Jadi semua hasil di TPS (Tempat Pemungutan Suara) hanya dia yang tahu, sehingga diduga mudah untuk dimanipulasi data hasil untuk dialihkan suara ke caleg lain”

Jong, warga

TOMOHON, publikreport.com – Sejumlah warga dan tim pemenangan calon legislatif (caleg) mengaku kuatir akan terjadi praktek pengalihan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kami menduga pada Pemilu 2014 lalu suara caleg kami dialihkan. Tapi mau bagaimana lagi, semua saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah orang dari ketua partai politik tingkat kota. Jadi semua hasil di TPS (Tempat Pemungutan Suara) hanya dia yang tahu, sehingga diduga mudah untuk dimanipulasi data hasil untuk dialihkan suara ke caleg lain,” ungkap Jong, salah satu warga Tomohon saat berbincang dengan publikreport.com, Kamis 11 April 2019.

Sinyalemen terjadinya kecurangan, yakni pengalihan suara caleg, sambung warga lainnya, Sonny Palit, dapat diantisipasi jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengumumkan langsung rincian perolehan suara sema caleg di TPS setelah pleno.

Pasti dugaan kecurangan diinternal partai tidak akan terjadi lagi,” tambah Sonny Palit.

BACA JUGA: Ini Surat Edaran ASN Wajib Netral pada Pemilu 2019

Terpisah, Ketua PPK Tomohon Selatan, Johnly Gigir saat berbincang dengan publikreport.com menepis kekuatiran sejumlah komponen masyarakat terkait transparansi hasil Pemilu 2019.

Transparansi dan update hasil pemungutan suara dalam Pemilu, termasuk salah satu regulasi yang sangat krusial untuk dilaksanakan oleh penyelenggara seperti kami. Transparansi ini benar-benar diharapkan oleh publik. Dan itu wajib kami lakukan,” katanya.

Kekuatiran seperti itu, menurutnya wajar setelah melewati iven-iven politik sebelumnya yang dinilai meragukan aspek validasi akhir.

Kami akan jamin akurasi dan kecepatan update data hasil pemungutan suara. Kami silahkan kepada siapa saja untuk mengambil data hasil rekapitulasi per TPS. Silahkan juga siarkan secara langsung. Juga kepada semua media, kami persilahkan tayangkan agar nantinya masyarakat dapat data pembanding dikemudian hari. Usai pleno tentunya juga kamiakan pajang semua hasil sesuai regulasi yang ada,” jelasnya.

 

JOPPY JW

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Tokoh Agama Muslim Doakan Pemilu Damai

Read Next

Ortu Mahasiswa Unsrit Kuatir, Rektor: Tidak Ada Penelantaran

Leave a Reply