Pemkab Minut Siapkan Rp600 Juta Untuk Pilhut

Ilustrasi.

“…..untuk penyaluran ke setiap desa itu berbeda karena akan dilihat dari jumlah penduduk”

Bobby Najoan, Kepala DinsosPMD Kabupaten Minut.

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DinsosPMD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Bobby Najoan mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) telah menyiapkan anggaran kurang lebih sebesar Rp600 juta untuk pelaksanaan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di 28 desa pada 28 November 2019 mendatang.

“Anggaran kurang lebih Rp600 juta ini sudah tertata di kas daerah. Namun untuk penyaluran ke setiap desa itu berbeda karena akan dilihat dari jumlah penduduk,” jelas Bobby usai kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pembekalan Panitia Pilhut 2019 di pendopo Kantor Bupati Kabupaten Minut, Selasa 24 September 2019.

Anggaran ini, menurut Bobby, akan bertambah karena setiap desa juga juga akan menyediakan anggaran lewat APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa). Setiap desa berbeda sesuai kebutuhan Pilhut.

“Di desa juga ditata, namun besarannya tergantung,” katanya.

BACA JUGA: 28 November 2019, 28 Desa Gelar Pilhut

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minut, Jemmy H Kuhu mengatakan, Pilhut di Minut harus berjalan sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 21 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan Hukum Tua. Untuk itu diharapkan kepada seluruh panitia Pilhut yang hadir dalam Bimtek ini bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

“Bimtek ini sangat baik agar pelaksanaan Pilhut nanti tidak terjadi kekeliruan,” katanya.

BACA JUGA: Hari Ini, Pilhut Serentak di Mitra

Bimbingan teknis (bimtek)/Pembekalan Panitia Pilhut 2019 di pendopo Kantor Bupati Kabupaten Minut, Selasa 24 September 2019. (foto: glenlybagawie/publikreport.com)

Dalam Bimtek ini Pemkab Minut telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Minut Nomor 258 Tahun 2019 tentang penetapan desa yang akan melaksanakan Pilhut 2019 dan penetapan tahapan Pilhut di Kabupaten Minut. Dalam SK Bupati ini, ada 28 desa yang akan melaksanakan Pilhut pada 28 November 2019 mendatang.

  1. Kecamatan Wori, 6 desa
  2. Kecamatan Likupang Barat, 4 desa
  3. Kecamatan Likupang Timur, 3 desa
  4. Kecamatan Likupang Selatan, 3 desa
  5. Kecamatan Kalawat, 2 desa
  6. Kecamatan Kema, 1 desa
  7. Kecamatan Dimembe, 4 desa
  8. Kecamatan Talawaan, 1 desa
  9. Kecamatn Kauditan, 1 desa.

Pelantikan kumtua terpilih oleh Bupati Minut dijadualkan pada 16-20 Desember 2019.

BACA JUGA: Pilhut, Polres Siaga I

 

GLENLY BAGAWIE

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Emergency, Hubungi 119

Read Next

Djemmy, Caroll dan Erens Calon Ketua DPRD Kota Tomohon

Leave a Reply