Penjahit Lokal Diberdayakan Produksi Masker

Penjahit lokal di Sulut atau UMKM digandeng Pemerintah Provinsi Sulut untuk memproduksi masker kain di tengah pandemi Covid-19.

Penjahit lokal di Sulut atau UMKM digandeng Pemerintah Provinsi Sulut untuk memproduksi masker kain di tengah pandemi Covid-19. Dalam memproduksi para penjahit ini didampingi Baznas Sulut.

“Tahap awal ditargetkan sebanyak seratus ribu masker kain untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Tanpa disadari mereka telah menjadi relawan kemanusiaan dalam upaya mencegah Covid-19”

Abid Takalamingan, Ketua Baznas Sulut.

MANADO, publikreport.com – Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memberdayakan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah ini untuk memproduksi masker kain. Dalam memproduksi masker kain, UMKM mendapat pendampingan Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Sulut.

Ketua Baznas Sulut, Abid Takalamingan mengatakan, pemberdayaan UMKM memproduksi masker kain ini merupakan inisiatif Gubernur Provinsi Sulut. Ada sekitar 20 UMKM yang didampingi Baznas Sulut dalam pembuatan masker yang telah berlangsung selama tiga pekan.

“Para penjahit lokal diberdayakan lewat ide pak gubernur. Apalagi para penjahit ini sulit mencari nafkah karena pesanan jahitan menurun karena Virus Corona. Kami Baznas Sulut sebagai salah satu lembaga yang dekat dengan masyarakat ekonomi bawah, hanya diminta melakukan pendampingan,” jelas Abid di ruang Mapalus Kantor Gubernur Provinsi Sulut, Selasa 21 April 2020.

BACA JUGA: Sangihe Produksi Sendiri Masker Covid-19

Setiap harinya para penjahit lokal ini, menurut Abid, dapat memproduksi hingga 1.300 masker. Mesin jahit yang digunakan adalah milik mereka masing-masing.

“Tahap awal ditargetkan sebanyak seratus ribu masker kain untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Tanpa disadari mereka telah menjadi relawan kemanusiaan dalam upaya mencegah Covid-19,” ujarnya.

BACA JUGA: Covid-19, VAP Pekerjakan Masyarakat Buat APD

Salah satu penjahit lokasi, Tati mengapresiasi peran Pemerintah Provinsi Sulut yang telah meringankan beban hidupnya akibat pandemi Covid-19.

“Sangat bersyukur karena perekonomian keluarga terbantu dengan pembuatan masker kain ini. Hasilnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” ucapnya.

BACA JUGA: Di Hari Kartini Ini Aksi Rita dan Devi

 

VERONICA DSK

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Dua Residivis Ini Beraksi di Tomohon

Read Next

Bantuan Sembako Disalurkan Lewat Rumah Ibadah

Leave a Reply