Pilkada 2020, PDIP Ancaman PG di Tomohon

Ilustrasi.

Ilustrasi.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Faktor jumlah anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), hanya salah satu modal penggerak mesin pemenangan di Pilkada. Jadi walaupun PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) misalnya, kalah jauh dalam perolehan kursi di DPRD Kota Tomohon, tapi faktor lain bisa diterapkan untuk meraih kursi eksekutif pada Pilkada mendatang. Ingat, Kota Tomohon dikelilingi oleh daerah yang dikuasai PDIP”

Joseph Sumampouw, Pengamat Politik/Akademisi Unima.

TOMOHON, publikreport.com – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dipastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon akan dimulai triwulan empat 2019 ini. Warga pun saat ini ramai membicarakan figur-figur yang bakal bersaing pada Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Tomohon untuk Masa Bakti 2020-2025. Pembicaraan ini kerap membandingkan antara figur, kendaraan politik (partai politik), ‘gizi’ (dana), track reccord, kemampuan maupun perolehan suara partai politik (parpol) dan figur calon legislatif (caleg) yang bertarung pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019, baru-baru ini.

Pengamat Politik dari Universitas Negeri Manado (Unima), Joseph Sumampouw mengatakan, hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, tidak mutlak menjadi barometer untuk Pilkada.

Faktor jumlah anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), hanya salah satu modal penggerak mesin pemenangan di Pilkada. Jadi walaupun PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) misalnya, kalah jauh dalam perolehan kursi di DPRD Kota Tomohon, tapi faktor lain bisa diterapkan untuk meraih kursi eksekutif pada Pilkada mendatang. Ingat, Kota Tomohon dikelilingi oleh daerah yang dikuasai PDIP,” jelas Joseph.

BACA JUGA: Pilkada Tomohon Segera Bergulir

Satu hal yang harus diperhitungkan pada konstalasi politik Pilkada nanti, menurut Joseph, adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, bersama jajarannya sudah berkali-kali mendemontrasikan kekuatan mereka dalam menaklukan daerah-daerah (kota/kabupaten) pada Pilkada lalu. Ditambah lagi, isteri dari Olly Dondokambey merupakan warga Tomohon yakni dari Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan.

Pak Olly dengan PDIP dapat dikatakan tentu penasaran pasca kekalahan pada Pilkada 2015 lalu. Pilkada 2020, mereka pasti akan all out memenangkan PDIP di Kota Tomohon,” ujarnya.

BACA JUGA: Steven Sentil Tentang Anggaran Pilkada 2020

Diketahui, Partai Golkar melalui sejumlah figur yang dijagokan pada Pemilu serentak 17 April 2019, berhasil meraup suara signifikan untuk DPRD Kota Tomohon. JOPPY JW

BACA JUGA: Pemilu 2019, Berapa Harga Satu Suara?
BACA JUGA: EMAS yang Tak Berkilau

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Dua Maskot PG di Dapil II Gagal ke DPRD Kota Tomohon

Read Next

Tol Manado-Bitung Gunakan Pembayaran Non Tunai

Leave a Reply