Breaking News :

Pilkada Tomohon, Siapa Bakal Dapat ‘Tiket’

Ilustrasi.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN:

Figur-figur telah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020, nanti. Sosok-sosok ini datang dari berbagai latar belakang, seperti pengusaha, politisi dan birokrat maupun pensiunan Polri.

Saat ini mereka berlomba-lomba mencitrakan diri ke masyarakat, apakah lewat media massa, baliho, spanduk, dialog langsung dengan masyarakat atau melakukan kegiatan-kegiatan yang katanya untuk rakyat.

Mereka yang kini rajin mensosialisasikan diri, misalnya Roland Roeroe, Syerly A Sompotan, Jilly G Eman, Miky JL Wenur, Wenny Lumentut, Caroll JA Senduk, Johny Runtuwene, Syerly Tamuntuan serta Robert Pelealu.

Robert Pelealu telah menyatakan diri akan maju dari jalur independen (perorangan) bersama pasangan bakal calon wakil walikota, Fransiskus A Sukirno. Sementara sosok-sosok yang lain, merupakan politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Siapa diantara para politisi itu yang akan mendapatkan ‘tiket’ dari partai politik (parpol) masing-masing?

Permainan politik praktis ditataaran untuk mendapakan ‘tiket’ sebagai pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon ini sulit dan jauh dari jangkauan masyarakat. Masyarakat hanya bisa mengira-ngira. Saat ini permainan berlangsung pada tingkatan elite masing-masing partai politik. Kadang kala yang ditetapkan sebagai calon oleh partai politik tidak sekehendak para pendukung bakal-bakal calon tertentu.

BACA JUGA: Tahun Politik

Partai Golkar saat ini merupakan partai politik ‘penguasa’ di Kota Tomohon. Dan tiga srikandi partai berlambang pohon beringin rindang itu ingin menjadi orang nomor satu di Kota Tomohon. Mereka masing-masing Syerly A Sompotan, Miky JL Wenur dan Jilly G Eman. Siapa yang bakal mendapatkan ‘tiket’?

Syerly A Sompotan kini menjabat Wakil Walikota Tomohon.

Miky JL Wenur, adalah politisi yang kini (masih) duduk sebagai anggota DPRD Kota Tomohon.

Jilly G Eman, adalah anak perempuan dari Walikota Tomohon saat ini, Jimmy F Eman.

BACA JUGA: Mereka Melayani Siapa?

Di PDIP, juga menyeruak nama-nama Roland Roeroe, Caroll JA Senduk, Johny Runtuwene bahkan disebut-sebut nama Syerly Tamuntuan. Siapa yang bakal dapat ‘tiket’?

Roland Roeroe, berprofesi sebagi dokter dan kabarnya juga seorang pengusaha dan dekat dengan PDIP.

Caroll JA Senduk, seorang pengusaha yang berpolitik. Pada tahun 2010, dirinya maju sebagai Calon Walikota Tomohon dari jalur independen (perorangan) bersama Calon Wakil Walikota Tomohon, Eliert Paat. Caroll kini (masih) sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon dan Ketua PDIP Kota Tomohon.

Johny Runtuwene, pensiunan PNS (Pegawai Negeri Sipil), pada Pilkada 2015 mencalonkan diri sebagai Walikota Tomohon bersama Vonny J Paat. Johny kini duduk sebagai salah satu anggota DPRD Kota Tomohon.

Syerly Tamuntuan. Dari selentingan kabar sosok tersebut merupakan seorang pengusaha dan merupakan saudara ipar dari Olly Dondokambey yang notabene adalah Ketua DPD (Dewan Pengurus Daerah) PDIP Sulawesi Utara (Sulut)/Bendahara Umum DPP (Dewan Pengurus Pusat) PDIP, yang kini menjabat Gubernur Provinsi Sulut.

BACA JUGA: Sebagian Keinginan Rakyat 

Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) melalui politisinya Wenny Lumentut yang juga aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat Kota Tomohon. Apalah Wenny satu-satunya yang diusung Partai Gerindra? Padahal masih ada politisi partai itu, seperti Mono F Turang, Ketua DPC (Dewan Pengurus Cabang) Partai Gerindra Kota Tomohon. Kendati untuk mengusung calon kepala/wakil kepala daerah, Partai Gerindra Kota Tomohon harus mengajak partai politik lain untuk berkoalisi. Apakah Partai Gerindra akan mendapatkan ‘sekutu’ untuk berkoalisi pada Pilkada Kota Tomohon 2020? Dan siapa sosok yang sekitarnya Wenny Lumentut menjadi calon walikota akan menjadi calon wakil walikota?

Wenny Lumentut, politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang (masih) duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sulut. Wenny, adalah pengusaha terkenal yang pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Tomohon bersama Prof Dr Johanes Mandagi pada Pilkada Kota Tomohon 2005.

BACA JUGA: PDIP Diprediksi Sulit Saingi Golkar di Pilkada 2020

Selain politisi, ternyata Pilkada Kota Tomohon 2020, juga diramaikan dengan pasangan calon independen (perorangan), yakni Robert Pelealu dan Fransiskus Angelo Sukirno.

Robert Pelealu, adalah seorang jaksa yang kini menjabat Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tangerang Selatan, asal Desa Leilem, Kabupaten Minahasa. Sedangkan Fransiskus A Sukirno, adalah seorang prajurit TNI AL (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut). Kabarnya kedua pasangan ini telah mendapatkan dukungan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang cukup sebagai ‘tiket’ untuk ditetapkan KPU (Komisi Pemilihan Umum) sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon.

Pertanyaannya, apakah hanya nama-nama ini yang benar-benar mau, sehingga telah rajin bersosialisasi ke masyarakat? Atau benarkah hanya nama-nama ini yang akan ditetapkan (mendapatkan ‘tiket’) partai politik masing-masing? Apakah masih ada nama-nama lain?Mungkinkah partai-partai politik itu menyimpan nama sebagai ‘kartu truf’?

BACA JUGA: Pilkada 2020, PDIP Ancaman PG di Tomohon

Tahapan/Jadual Pilkada sebagaimana yang ditetapkan KPU Kota Tomohon sementara bergulir. Pastinya, adalah saat pendaftaran masing-masing partai politik dan pasangan calon independen (perorangan) ke KPU dan ditetapkan sebagai pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon untuk Pilkada 2020.

Siapa mereka? Tanyakan kepada para elite partai politik.

Dari informasi, kemungkinan di partai politik tertentu ataupun koalisi akan muncul ‘kuda hitam’. DORANG

 

0 Reviews

Write a Review

Leave a Reply