PUBLIKREPORT.com

Puluhan Cenderawasih Awetan Disita Polisi

Polisi memperlihatkan 28 cenderawasih coklat kuning yang sudah diawetkan sitaan dari warga. (Foto: Ferdy/Mongabay Indonesia)

Kepolisian Resort (Polres) Kepulauan Kota Dobo, Kepulauan Aru, bersama Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku, mengungkap sindikat penjualan satwa dengan menyita 28 cenderawasih dan mengamankan tiga pelaku, MR, GM dan MT.

Pengungkapan kasus ini berawal dari postingan MR melalui akun sosial media, Facebook. MR menyamarkan akun Facebook dengan nama Diti Rerebain. Melalui postingan itu, MR menawarkan cenderawasih coklat kuning.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Maluku, Komisaris Besar (Kombes) Firman Nainggolan, didampingi Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kepulauan Aru, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Adolf Bormasa, mengatakan, setelah postingan muncul, polisi lakukan penyelidikan dan menangkap pelaku di Kota Dobo.

“Tersangka bilang, kalau ada yang berminat silakan menghubungi Facebooknya. Akun itu termuat Selasa 6 Agustus 2018, pada Kamis, Polda bersama Polres menyelidiki profil akun Facebook itu,” kata Nainggolan, Senin, 13 Agustus 2018.

Setelah penyelidikan, katanya, polisi menemukan MR di tempat tinggalnya, di Kota Dobo, Kepulauan Aru. Saat diinterogasi, dia mengelak, dan mengaku hanya postingan belaka. Setelah penggeledahan di rumah, polisi menemukan 28 cenderawasih terbungkus rapi di dalam kardus bekas.

“Burung-burung sudah mati, diawetkan. Dari hasil interogasi, asal burung dari dua toko berbeda, yakni MT 10 dan GM 18. Jadi MR membeli dari dua orang ini,” katanya.

Model operasi (modus) penjualan ketiga tersangka secara tertutup, hingga sulit terungkap. Berdasarkan pemeriksaan, mereka memiliki sindikat penjualan cenderawasih.

MG, kata Nainggolan, mengaku menjual cenderawasih sejak 2013, diperkirakan sudah 500-an terjual. Polda Maluku terus menyelidiki jalur penjualan cenderawasih, karena diduga menggunakan pola pelayaran kapal laut.

Dari keterangan MR, kata Nainggolan, harga satu cenderawasih dari kedua tersangka lain Rp350.000. MR menjual seharga Rp500.000.

 

MONGABAY.co.id

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Ini Daftar Pemenang Lomba TIFF 2018

Read Next

Cara Hemat Bahan Bakar Saat Berlibur dengan Mobil Pribadi

Leave a Reply