Saguer Minuman dari Minahasa

ilustrasi.

Ilustrasi, saguer.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Saguer adalah minuman dari hasil batifar tou Minahasa pada pohon akel (seho/enau). Rasa Saguer ada yang manis dan asam. Dari saguer inilah kemudian dibuat captikus, selain tentunya dibuat gula batu (gula merah).

Untuk mendapatkan saguer, tou Minahasa harus cermat melihat tangkai bunga pohon akel yang layak disadap airnya. Prosesnya cukup panjang. Setelah proses membersihkan dan memukul mayang selesai, tangkai pohon aren itu kemudian diiris sedikit demi sedikit untuk mengeluarkan air saguer.

BACA JUGA: Captikus

Dulu air saguer yang berwarna putih seperti susu ini ditampung tou Minahasa dengan menggunakan bambu (kini sudah menggunakan galon). Bambu diikatkan pada mayang (tangkai bunga pohon akel).

BACA JUGA: Dua Menteri Disuguhkan Saguer, Cucur dan Apang
BACA JUGA: Akel Toumuung, Hanya Ada di Tomohon

Pohon akel banyak tersebar di tanah Minahasa. Kini pohon akel mulai diremajakan, banyak kembal menanamnya.

Tukang batifar saguer kini terancam punah. Pasalnya banyak anak muda yang mulai enggan menggeluti batifar. Sebab, ketika batifar saguer, cukup beresiko karena harus naik ke atas pohon (tinggi bervariasi) dengan menggunakan sebatang bambu yang telah dilubangi pada ruas-ruasnya untuk injakan, tempat meletakan kaki ketika naik. DORANG

BACA JUGA: Kulo Ipus, Mau Disantang Atau…
BACA JUGA: Si Pemburu…

BACA JUGA: Dukung Saguer di API, Caranya…

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Ban Mobil Tanpa Angin

Read Next

Captikus, Minuman Tradisional Minahasa

Leave a Reply