Tips Saat Travelling Sendirian

Ilustrasi.

Ilustrasi.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Bepergian akan membuka mata tentang kehidupan selain lingkungan yang kita temui sehari-hari. Merasakan keindahan alam, kehidupan yang lebih damai atau justru super-sibuk, dan banyak pengalaman baru yang dialami selama travelling.

Pakar perjalanan Breffni Horgan mengatakan travelling seorang diri memiliki manfaat yang lebih banyak ketimbang bepergian berkelompok. “Bepergian sendiri ke wilayah asing akan membuat seseorang lebih percaya diri, menemukan jati diri, dan lebih kreatif,” kata Horgan seperti dikutip dari Bustle.

Meski begitu, tak dipungkiri ada rasa khawatir atau takut ketika bepergian sendiri. Jika travelling minimal berdua, setidaknya ada teman berbincang sepanjang perjalanan, saling menjaga, dan saling menitipkan barang. Sebab itu, buat kamu yang tetap ingin travelling sendirian, berikut ini tips dari Horgan:

Membuat jadwal yang longgar

Ketika membuat agenda perjalanan, buatlah waktu yang cukup longgar antara kegiatan satu dengan lainnya. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir jika ada gangguan dalam perjalanan atau kalau sampai tersesat. Memiliki waktu yang lebih longgar akan mengurangi stress dan kegelisahan selama perjalanan, terlebih di masa liburan.

Pilih-pilih tujuan wisata

Di dalam daftar ada puluhan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Padahal, waktu liburanmu hanya 3 hari. Cobalah realistis dan pilih tempat wisata mana saja yang sangat ingin kamu datangi dan layak dikunjungi. Jangan sampai memaksakan diri harus menjelajahi semua tempat dalam waktu yang sempit. Kalau itu terjadi, kamu tak akan menikmati suasana melainkan hanya merasa lelah.

Jaga kesehatan

Yang paling sederhana dalam menjaga kesehatan selama travelling adalah jangan biarkan tubuhmu kelelahan, kehausan, kelaparan, dan terlalu kenyang. Jika memungkinkan, cobalah istirhat selama perjalanan dan nikmati momentum ini. Bawa selalu air mineral dan camilan untuk mengganjal rasa lapar saat belum menemukan makanan yang cocok.

Sabar

Ada banyak orang bepergian terutama saat libur panjang. Sebab itu, bersabarlah di setiap kesempatan. Mungkin cuaca buruk membuatmu urung ke satu tempat wisata, atau saking penuhnya kamu jadi tak nyaman di lokasi wisata tertentu dan terpaksa meninggalkannya.

Riset

Ini sangat penting. Riset dulu semua yang berkaitan dengan kebutuhanmu sepanjang perjalanan, mulai dair hotel, tempat makan, objek wisata, rute perjalanan, dan lainnya. Ketika melakukan riset, pastikan area tujuan wisatamu termasuk zona aman atau tidak berisiko tinggi. | TEMPO.co

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Menggoreng Ikan agar Tidak Meletus

Read Next

Lima Kabupaten di Sulut Terima SK Perhutanan Sosial dan SK TORA