Tou Tombulu Ini 4 Periode Jadi Wakil Rakyat di Totabuan

Marthen F Tangkere, politisi.

Marthen F Tangkere, politisi.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: Klik:

Saya hanya berupaya menjaga hubungan dan sikap. Saya tidak terbiasa nanti menyapa atau mendatangi warga saat momen Pemilu. Setiap saat dan dimana saja, saya pasti bersikap dan menunjukkan hubungan dan komunikasi yang tidak pilah-pilih orang. Tentunya kita tidak sempurna saat berbaur dengan masyarakat, tapi pastinya, jujur dan tulus adalah keniscayaan”

Marthen F Tangkere, politisi.

LOLAK, publikreport.com – Marthen F Tangkere (51), pria asal Tombulu, eksodus ke Bumi Totabuan pada tahun 1980-an dan berdomisili di Desa Mariri Baru, Kecamatan Poigar, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pria berdarah Tomohon dan Pineleng, Kabupaten Minahasa ini dapat dikatakan ‘politisi istimewa’. Pasalnya, Marthen telah duduk sebagai wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong selama 4 periode, yakni sejak tahun 2003 atau 17 tahun silam.

Pemilu (Pemilihan Umum) 2019 adalah Pemilu keempat bagi saya. Puji Tuhan, masyarakat kembali memberi kepercayaan pada saya untuk menjadi wakil mereka di DPRD Kabupaten Bolmong,” ungkap Marthen saat berbincang dengan publikreport.com, Sabtu 07 Maret 2020.

Ketika bertarung pada Pemilu dan terpilih duduk sebagai anggota DPRD, Marthen mengaku, dirinya tidak punya modal finansial lebih untuk menjaga kepercayaan masyarakat pemilihnya. Selama 4 periode terpilih sebagai wakil rakyat, suami tercinta dari Julyn Papuling ini mengaku, semua itu berkat campur tangan Tuhan.

Sejak bertarung pertama kali pada tahun 2003, Tuhan selalu memberikan kemenangan bagi saya, pendukung dan keluarga. Ini adalah amanat pelayanan yang harus dipertanggung jawabkan lewat perjuangan melayani rakyat secara benar dan tulus,” ucapnya.

Saya hanya berupaya menjaga hubungan dan sikap. Saya tidak terbiasa nanti menyapa atau mendatangi warga saat momen Pemilu. Setiap saat dan dimana saja, saya pasti bersikap dan menunjukkan hubungan dan komunikasi yang tidak pilah-pilih orang. Tentunya kita tidak sempurna saat berbaur dengan masyarakat, tapi pastinya, jujur dan tulus adalah keniscayaan,” tuturnya.

Karena dipercaya masyarakat sebagai anggota DPRD, Marhen menyatakan, dirinya seoptimal mungkin melaksanakan tugas pelayanan, baik sebagai anggota DPRD (pemerintah), sebagai pelayan gereja dan bagian dari keluarga besar saudara sedarah.

Marthen F Tangkere bersama isteri tercinta,Julyn Papuling dan anak lelaki kesayangan mereka usai beribadah di gereja.
Marthen F Tangkere bersama isteri tercinta,Julyn Papuling dan anak lelaki kesayangan mereka usai beribadah di gereja.

Sebagai wakil rakyat, saya selalu all out memperjuangkan kepentingan rakyat dan menjaga amanat dari konstituen di dapil (daerah pemilihan) saya. Juga dalam tugas melayani jemaat, saya tidak bisa tawar-menawar, karena ini tanggung jawab pada Tuhan,” bebernya.

Di Bolmong, Marthen menceritakan, awalnya dirinya berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1990-an, saat baru berusia 22 tahun. Kendati karir mulai menanjak karena sering diberi kepercayaan mengisi posisi-posisi penting, Marthen justru mengambil putusan yang terkesan berani dan spekulatif. Pada tahun 2003, tepatnya diusia yang baru menginjak 35 tahun, dirinya memutuskan terjun kedunia politik praktis dengan bergabung ke Partai Golkar (Golongan Karya), dan harus istirahat sebagai PNS. Ternyata putusan ini tidak keliru.

Jabatan publik yang disandang:

  • Sekretaris DPD (Dewan Pimpinan Daerah) II Partai Golkar Kabupaten Bolmong (sekarang)
  • Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bolmong, Masa Bakti 2019-2024
  • Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bolmong, Masa Bakti 2014-2019
  • Ketua Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Kabupaten Bolmong, Masa Bakti 2014-2019
  • Ketua Pemuda GMIBM (Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow) Masa Bakti 995-2011
  • Wakil Ketua Komisi Pria/Kaum Bapa (P/KB) GMIBM, Masa Bakti 2011-2021
  • Anggota Badan Pekerja Sinode GMIBM, Masa Bakti 1995-2021
  • Pelayan Khusus (Pelsus) GMIBM

BACA JUGA: Siapa Politisi Tomohon yang ‘Berani’ Bertarung di Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Sulut?

 

JOPPY JW

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Tambang Bowone Ditutup, Warga Mengadu ke DPRD

Read Next

Budaya Minahasa Dinilai Mulai Terdegradasi

Leave a Reply