Usut Tunggakan Konsumen, PDAM Gandeng Kejaksaan

PDAM Kota Tomohon, Kamis, 15 Maret 2018, melaunching aplikasi SMART PDAM. Launching ini ditandai dengan pembayaran rekening air atas nama Jimmy Feidie Eman (Walikota Tomohon) dengan bantuan aplikasi SMART PDAM di bagian teller kantor plat merah itu.

“Tunggakan dari sejumlah konsumen atas penggunaan air bersih yang disalurkan PDAM Tomohon mencapai lebih dari Rp 2 miliar. Tunggakan ini terhitung sejak tahun 2016 hingga Desember 2018”

Marthen Samuel Gosal, Direktur PDAM Kota Tomohon

TOMOHON, publikreport.com – Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon, Marthen Semuel Gosal mengungkapkan, tunggakan konsumen atas penggunaan air bersih yang disalurkan PDAM Tomohon mencapai miliaran rupiah. Guna menuntaskan permasalahan hutang air bersih dari sejumlah konsumen ini, manajemen PDAM Tomohon telah menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon.

“Tunggakan dari sejumlah konsumen atas penggunaan air bersih yang disalurkan PDAM Tomohon mencapai lebih dari Rp 2 miliar. Tunggakan ini terhitung sejak tahun 2016 hingga Desember 2018,” ungkap Marthen kepada publikreport.com di ruang kerjanya, Kamis, 10 Januari 2019.

Sebenarnya, Marthen mengatakan, jika dihitung dari tahun 2016 ke bawah, tunggakan pembayaran air bersih dari beberapa pelanggan PDAM Tomohon lebih besar lagi.

Guna menuntaskan tunggakan atas rekening tagihan air bersih dari sejumlah pelanggan (terhitung sejak 2016-Desember 2018), Marthen menyatakan, pihaknya telah menggandeng pihak Kejari Tomohon. Bahkan sejak November 2018 lalu, PDAM Tomohon dan Kejari Tomohon telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

Marthen S Gosal, Direktur PDAM Kota Tomohon.

“Kejari Tomohon nantinya yang akan mencari para penunggak rekening air itu. Nantinya konsumen penunggak pembayaran rekening air akan dimintakan komitmen guna melakukan pembayaran dalam bentuk surat pernyataan dihadapan Jaksa. Terkait pembayaran, konsumen penunggak diberikan pilihan apakah membayar secara tunai atau cicil. Semuanya telah kami serahkan ke Kejari Tomohon untuk penanganannya,” bebernya.

Hutang miliaran rupiah dari sejumlah konsumen air ini, Marthen menjelaskan tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Tomohon. Ironisnya dari data yang ada di PDAM sebagian besar penunggak rekening air itu datang dari adalah pelanggan rumah tangga.

“Kebanyakan dari pelanggan rumah tangga. Beberapa pelanggan golongan rumah tangga tunggakan rekening mencapai puluhan juta rupiah ditambah denda,” jelasnya.

BACA JUGA: PDAM Luncurkan Aplikasi SMART

Hutang penggunan air bersih ini terjadi, Marthen melanjutkan, disebabkan tagihan sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Kejari Tomohon, Marthen menambahkan, selain akan mengusut para pelanggan yang menunggak rekening air bersih, juga akan menyelidi kemungkinan adanya sambungan air bersih illegal dari pipa PDAM.

BACA JUGA: Kalimpesan, Mata Air atau Tempat Sampah?

“Kasus sambungan illegal air bersih dari pipa milik PDAM pernah dilaporkan masyarakat dan langsung ditindaklanjuti ke lokasi. Dan memang petugas PDAM Tomohon mendapati adanya sambungan illegal. Laporan masyarakat ini datang dari Kecamatan Tomohon Utara. Jadi tidak tertutup kemungkinan masih adanya sambungan illegal yang dilakukan oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

BACA JUGA: Krisis Air Bersih Intai Tomohon

 

DORANG

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

TNI dan Masyarakat Bahu-membahu Bersihkan Longsor

Read Next

DPO Penggelapan Uang Koperasi Diringkus Tim Resmob

Leave a Reply