PUBLIKREPORT.com

Warga Keluhkan Layanan Air Bersih di Kota Tomohon

Ilustrasi.

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Sudah hampir dua tahun mendaftar, tapi pipa air ndak pernah keluar setetes airpun. Sampai saat ini tidak ada penjelasan dari PDAM Tomohon”

Jonny Pongoh, warga Kelurahan Rurukan 1, Kecamatan Tomohon Timur.

***

Meteran disini sudah dipasang pada tahun 2017, tapi belum pernah keluar air. Herannya pipa di disebelah sana sudah jalan. Tidak tahu siapa yang bertanggung jawab. PDAM atau kontraktor pemasang”

Tonny Lasut, warga Kelurahan Wailan, Kecamatan Tomohon Utara.

TOMOHON, publikreport.com – Warga dari berbagai kelurahan di Kota Tomohon mengeluhkan pelayanan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon. Keluhan warga ini beragam, mulai dari sudah mendaftar tapi tidak menerima layanan air bersih, sudah terpasang meter, tapi air tak mengalir hingga infrastruktur berupa perpipaan yang terkesan asal pasang.

Sudah hampir dua tahun mendaftar, tapi pipa air ndak pernah keluar setetes airpun. Sampai saat ini tidak ada penjelasan dari PDAM Tomohon,” ungkap Jonny Pongoh, warga Kelurahan Rurukan 1, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon.

BACA JUGA: Langkah Hukum Jika Pipa Air Bersih Rumah Diputus
BACA JUGA: Usut Tunggakan Konsumen, PDAM Gandeng Kejaksaan

Dirinya bersama ratusan warga Rurukan lainnya, menurut Jonny, sudah didaftar secara kolektif oleh PDAM pada tahun 2017.

Keluhan juga disampaikan sejumlah warga Kelurahan Wailan dan Kayawu, Kecamatan Tomohon Utara.

Meteran disini sudah dipasang pada tahun 2017, tapi belum pernah keluar air. Herannya pipa di disebelah sana sudah jalan. Tidak tahu siapa yang bertanggung jawab. PDAM atau kontraktor pemasang,” kata Tonny Lasut, warga Kelurahan Wailan.

BACA JUGA: Jaringan Pipa Air Terkesan Asal Pasang
BACA JUGA: Untuk Air Bersih, Tomohon Terima Rp 2 Miliar dari APBN

Parahnya lagi, sambung Pelin Moningka, warga Kelurahan Kayawu, selain tanpa air, pipa yang dipasang hanya ditempel didinding saluran.

Tak usah bicara air yang memang tak pernah ada sejak dipasang tahun lalu. Coba lihat pipa yang ditempel begitu saja di got. Ini jelas pekerjaan yang salah dan harus diperbaiki,” tegasnya.

Kepala Bagian Perencanaan, Teknik PDAM Kota Tomohon, Yossi Lumi menjelaskan, layanan air di Kelurahan Rurukan, Wailan dan Kayawu memang belum diaktifkan. Alasannya, belum ada penyerahan dari Dinas Pekerjaan Umum (DinPU) Kota Tomohon sebagai penanggung jawab pemasangan jaringan.

Perlu diketahui, pihak PDAM nanti bertanggung jawab kalau jaringannya sudah diserahkan oleh Dinas Pekerjaan Umum,” kata Yossi seraya meminta wartawan menghubungi Dinas Pekerjaan Umum terkait pemasangan dan kondisi pipa di lapangan. “Nanti tanya ke PU kenapa pipa di sana cuma ditempel begitu saja. Memang kami sudah memeriksa di lapangan, dan benar ada yang asal jadi sehingga banyak pipa lobang,” tambahnya.

BACA JUGA: Pipa Air Rusak, Kontraktor Diminta Memperbaikinya

Mengenai pelanggan, Yossi mengatakan, saat ini terdaftar 9.249 pelanggan. Dan sudah ada 5.806 sambungan pelanggan yang aktif di seluruh kota Tomohon.

Untuk sambungan yang dibiayai pusat tahun 2017, sebanyak 1.023 dan tahun 2018 hanya 880 sambungan,” ujarnya. JOPPY JW

BACA JUGA: PDAM Berencana Revitalisasi Jaringan Pipa Air
BACA JUGA: Air Bersih dan Sampah Plastik, Dua Persoalan Lingkungan yang Harus Diperhatikan

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Jaringan Pipa Air Terkesan Asal Pasang

Read Next

Pariwisata Sulut Dipromosikan di Spanyol

Leave a Reply