PUBLIKREPORT.com

Waruga Dipindahkan, Organisasi Adat Protes

INGIN ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Elemen masyarakat adat Minahasa kecewa dan melakukan protes terkait dipindahkannya sejumlah waruga di Kuwil, serta adanya waruga yang rusak karena proyek pembangunan waduk. Pendemo menuntut PT Nindya Karya dan Pemerintah Kabupaten Minut untuk bertanggung jawab

AIRMADIDI, publikreport.com – Sejumlah organisasi adat Minahasa, Kamis, 19 Juli 2018, menggelar aksi unjuk rasa damai di Kantor Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Mereka merasa kecewa dan dilecehkan terkait pemindahan waruga (makam leluhur Minahasa) dari tanah adat di Desa Kuwil.

Waruga-waruga ini akan dipindahkan dari Desa Kuwil, karena sementara ada proyek pembangunan waduk. Elemen masyarakat ini kecewa karena waruga telah ada yang mengalami kerusakan.

Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey, Rabu, 18 Juli 2018, menerima audiens Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman bersama Panitia Penyelenggara TIFF 2018 di Kolongan, Minut. Audiens ini terkait penyelenggaraan TIFF 2018.
Perwakilan pendemo dari sejumlah organisasi adat Minahasa, saat diterima untuk berdialog.

Dalam aksinya di Kantor Bupati Kabupaten Minut, perwakilan unjuk rasa diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Minut. Dalam pertemuan itu pemerintah berjanji akan melakukan pengecekan dan nantinya akan ada pertemuan bersama untuk membahas kembali apa yang menjadi tuntutan pendemo.

BACA JUGA: Sisa Waruga Dipindahkan

Pendemo juga menuntut pelaksana proyek, yakni PT Nindya Karya bertanggungjawab atas kerusakan sejumlah waruga. Dalam orasinya pendemo menyampaikan supaya waruga yang dipindahkan terkait pembangunan jalan tol supaya ditata dengan baik serta dilakukan perbaikan terhadap waruga yang rusak.

BACA JUGA: ‘Pabrik-pabrik’ Waruga di Tomohon Tempo Dulu

Unjuk rasa sekitar 100 orang di Kantor PT Nindya Karya yang berada di Desa Kawangkoan, Kecamatan Kalawat dan di lokasi proyek pembangunan waduk Kuwil, mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian, yakni Satuan Sabhara Kepolisian Resort (Polres) Minut dan Kepolisian Sektor (Polsek) Airmadidi. Unjuk rasa ini berlangsung aman dan tertib. DORANG

 

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Sempat Tersesat, Matius Akhirnya Bertemu Orang Tuanya

Read Next

Ini Pesan-pesan Sekot Tomohon di Rakorev

Leave a Reply